PENGAJARAN EKSPOSITORI DAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH (MA) FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG

Hidayah, Nur (2016) PENGAJARAN EKSPOSITORI DAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH (MA) FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Adapun permasalahan yang hendak dibahas tentang pendekatan yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran agar kegiatan belajar-mengajar dapat berjalan dengan baik, menarik serta tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai. Kita tahu dalam dunia pendidikan dikenal dua pendekatan pengajaraan yaitu ekspositori dan inkuiri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Bagaimana penerapan pengajaran ekspositori dan inkuiri di MA Futuhiyyah Kudu Semarang.” Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai pengajaran ekspositori dan inkuiri yang digunakan oleh guru MA Futuhiyyah Kudu Semarang dalam pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat secara teoritis untuk memperkokoh kajian tentang pengajaran ekspositori dan inkuiri serta dapat memberi masukan, sebagai referensi atau rujukan pada sisi pembelajaran pada umumnya. Dan secara praktis bagi sekolah dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan proses belajar mengajar supaya berkualitas. Bagi peneliti dalam kegunaan praktis adalah untuk menambah pengetahuan, pengalaman, dalam upaya peningkatan mutu belajar mengajar. Adapun pendekatan dan jenis penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan desriptif kualitatif yang datamya diperoleh melalui berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan maupun dokumen-dokumen lainnya yang mendukung. Jenis penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Wawancara untuk memperoleh informasi dari beberapa informan, sumber-sumber informan disini peneliti menggunakan purposive sampling. Sedangkan observasi dan dokumentasi untuk menggali data tentang keadaan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran ekspositori dan inkuiri di MA Futuhiyyah Kudu Semarang sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah atau prosedur yang harus dijalankan oleh soerang guru yaitu pada pengajaran ekspositori seorang guru harus merumuskan tujuan yang ingin dicapai, menguasai materi pelajaran dengan baik serta mengenali medan dan berbagai hal yang dapat memengaruhi proses penyampaian materi. Langkah-langkah atau prosedur berikutnya yaitu pada pengajaran inkuiri seperti : menentukan tujuan, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Kata Kunci : Pengajaran Ekspositori dan Pengajaran Inkuiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:52
Last Modified: 26 Aug 2016 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4448

Actions (login required)

View Item View Item