PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, UKURAN DEWAN KOMISARIS, DEBT EQUITY RATIO DAN KEPEMILIKAN MANAJEMEN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI FOOD AND BAVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2008-2014

Mustofa, Ikhsan (2016) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, UKURAN DEWAN KOMISARIS, DEBT EQUITY RATIO DAN KEPEMILIKAN MANAJEMEN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI FOOD AND BAVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2008-2014. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Corporate social responsibility (CSR) adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Dimana ketiga dari aspek tersebut diharapkan dapat terbentuk dalam kehidupan masyarakat sehingga keberadaan sebuah perusahaan diakui ditengah-tengah masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, Debt to Equity Ratio dan kepemilikan manajemen terhadap pengungkapan Corporate Social Responbility. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Makanan dan Minuman (Sektor Food & Baverage) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2008 sampai dengan 2014 sejumlah 20 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 17 perusahaan sehingga didapatkan sampel sebanyak 119 data pengamatan. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Analisis statistik yang dilakukan meliputi regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan ; Terdapat pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responbility, Terdapat pengaruh positif signifikan profitabilitas terhadap pengungkapan Corporate Social Responbility, Tidak terdapat pengaruh positif signifikan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan Corporate Social Responbility, Tidak terdapat pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap pengungkapan Corporate Social Responbility, Terdapat pengaruh positif signifikan kepemilikan manajemen terhadap pengungkapan Corporate Social Responbility. Saran dalam penelitian ini adalah penelitian selanjutnya sebaiknya mempertimbangkan menggunakan variabel lain dan sampel yang lebih luas. Agar pengukuran pengungkapan CSR lebih baik dan dapat untuk dijelaskan semua industri yang ada, maka untuk penelitian selanjutnya sample yang digunakan tidak hanya pada industri manufaktur saja, melainkan industri yang lain yang listing di BEI. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Debt to Equity Ratio, Kepemilikan Manajemen, Pengungkapan Corporate Social Responbility

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Aug 2016 04:27
Last Modified: 12 Aug 2016 04:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4239

Actions (login required)

View Item View Item