Asma’, Nur Aminatul (2012) The Codes Switched By Teacher And Students In The Teaching And Learning Process At Sma Islam Sultan Agung 3 Semarang In The Academic Year Of 2011-2012. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
|
Text
JUDUL _mita_.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
intisari.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
TABLE OF CONTENTS.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Studi ini dilakukan sebagai upaya untuk menemukan jenis- jenis dan fungsi code switching yang digunakan oleh guru dan siswa di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Studi ini menggunakan studi deskriptif qualitative yag mana penulis menggambarkan dan menganalisa code switching yang digunakan oleh guru dan siswa di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Jumlah siswa yang digunakan sebagai sample adalah 28 siswa. Instrumen yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, merekam, dan catatan. Perekam dan catatan adalah instrument utama dalam penelitian ini. Dan untuk mendapatkan data, penulis menggunakan video recorder, transkrip, worksheet dan documentary sheet. Untuk mendapatkan apa yng dibutuhkan, penulis menggunakan metode observasi dan merekam. Penulis menggunakan data utama dan datapendukung. Data utama pada penelitian ini yaitu idei recorder sedangkan data pendukungnya yaitu berasal dari buku dan internet. Berdasarkan jenis code switching, penulis menemukan 26 code switching yang digunakan oleh guru dengan pembagian sebagai berikut: 8 emblematic/ tag, 7 intra sentential, dan 11 intersentential. Sedangkan pada siswa, penulis menemukan 5 emblematic/ tag, dan 1 intersentential. Berdasarkan fungsi code switching, penulis menemukan 34 code switching berdasarkan fungsinya dengan pembagian sebagai berikut: 2 quotation, 2 addressee qualification, 1 interjection, 18 instances of repetition, 3 messages qualification, 5 personalization and objectification dan 3 facility of expression. Sedangkan pada siswa, penulis menemukan 6 code switching berdasarkan fungsinya dengan pembagian sebagai berikut; 2 facility of expression, 2 repetition dan 2 quotation. Penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa guru lebih dominan dalam menggunakan code switching dibandingkan dengan siswa. Guru menggunakan code switching untuk membantu para siswa menambah kosa kata, selain itu mereka bisa dengan mudah memahami pesan yang disampaikan oleh orang lain. Kata Kunci: Code switching, guru dan murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 727 not found. |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 04:32 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 04:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4214 |
Actions (login required)
View Item |