ANALISIS HUKUM MENGENAI KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKALONGAN

Adila, Bina (2025) ANALISIS HUKUM MENGENAI KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302300042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302300042_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan Pencatatan Sipil merupakan pencatatan peristiwa penting yaitu kejadian yang dialami oleh seseorang meliputi kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, pengesahan anak, pengangkatan anak, perubahan nama dan perubahan status kewarganegaraan yang dialami oleh seseorang dalam register pencatatan sipil pada instansi pelaksana. Undang-Undang ini diantaranya mengatur Administrasi Kependudukan Pencatatan Sipil pengadministrasian dan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil yang didukung peraturan turunanya, tidak terkecuali seluruh lapisan masyarakat di Kota Pekalongan. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yang bersifat yuridis sosiologis yakni suatu pendekatan yang diawali dengan menelaah terhadap Pasal-Pasal dalam Undang-Undang dan Peraturan-peraturan yang terkait dengan penulisan ini. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi langsung kepada aparat lingkup Pemerintah Kota Pekalongan yaitu pejabat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pegawai, dan masyarakat yang melakukan pengurusan terkhusus pelayanan administrasi kependudukan di Kota Pekalongan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Analisis hukum pada kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekalongan dijelaskan melalui teori-teori hukum: teori implementasi hukum, efektifitas, kewenangan, dan pelayanan publik dalam Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa : faktor-faktor yang berpengaruh kualitas pelayanan administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekalongan diarahkan pada kualitas layanan publik yang memuaskan pengguna layanan dokumen kependudukan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekalongan bervariasi. Terdapat kesungguhan dan keikhlasan pegawai dalam memberikan pelayanan, sarana dan prasarana, ketersediaan aturan yang dapat membantu dan mempermudah pelayanan penerbitan dokumen administrasi kependudukan, serta kualitas sumber daya manusia yang profesional dengan tingkat kedisiplinan layanan tinggi, ditambah kemampuan dan peningkatan kualitas layananan yang terus menerus perlu diperhatikan untuk mempermudah dan meningkatkan mutu layanan masyarakat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan, Disdukcapil, dan Masyarakat Kota Pekalongan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41575

Actions (login required)

View Item View Item