PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI KUALITAS KOMUNIKASI DAN TEAMWORK SKILL DENGAN DIMODERASI HOSPITALITY SKILLS

Setyadi, Nur Rochman (2025) PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI KUALITAS KOMUNIKASI DAN TEAMWORK SKILL DENGAN DIMODERASI HOSPITALITY SKILLS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300321_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300321_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kinerja sumber daya manusia melalui kualitas komunikasi dan kemampuan bekerja dalam tim dalam konteks hospitality skills. Perbedaan hasil penelitian sebelumnya mengenai peran kerja sama tim terhadap kinerja sumber daya manusia menjadi dasar dalam merumuskan pertanyaan penelitian: "Bagaimana peningkatan kinerja sumber daya manusia dapat dicapai melalui kualitas komunikasi dan kemampuan bekerja dalam tim dalam konteks hospitality skills?" Penelitian ini menggunakan pendekatan eksplanatori dengan objek penelitian seluruh SDM Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang. Sampel penelitian berjumlah 135 responden yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling berdasarkan metode non-probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala pengukuran interval 1 hingga 5. Analisis data menggunakan pemodelan persamaan struktural dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas komunikasi berpengaruh positif terhadap kemampuan bekerja dalam tim dan kinerja sumber daya manusia. Semakin baik kualitas komunikasi, semakin tinggi kemampuan bekerja dalam tim serta peningkatan kinerja SDM. Selain itu, kemampuan bekerja dalam tim juga berpengaruh positif terhadap kinerja SDM, menunjukkan bahwa kerja sama yang baik meningkatkan kinerja individu maupun organisasi. Namun, hospitality skills tidak memberikan pengaruh moderasi yang signifikan pada hubungan antara kualitas komunikasi dan kinerja SDM. Sebaliknya, hospitality skills mampu memperkuat pengaruh kemampuan bekerja dalam tim terhadap kinerja SDM. Dengan demikian, penguatan hospitality skills menjadi faktor penting dalam memaksimalkan dampak kerja sama tim terhadap kinerja SDM di sektor pelayanan publik. Kata kunci: Kualitas Komunikasi, Kemampuan Bekerja dalam Tim, Hospitality Skills, Kinerja Sumber Daya Manusia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41503

Actions (login required)

View Item View Item