Exsti, Cici Dea Permata (2025) DIGITAL SKILL ADVANTAGE GEN Z: FAKTOR PENENTU KESIAPAN KARIR DI ERA DIGITAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300189_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300189_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana faktor internal (self-efficacy dan digital mindset), faktor eksternal (socioeconomic status dan parental career congruence), serta faktor institusional (curriculum dan internship program) memengaruhi readiness career. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi peran digital skill advantage sebagai variabel mediasi. Metode Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menguji seluruh hipotesis dengan bantuan perangkat lunak AMOS. Sebanyak 365 responden merupakan mahasiswa Generasi Z yang sedang menempuh semester akhir perkuliahan serta lulusan baru (fresh graduates). Hasil penelitian mengonfirmasi bahwa terdapat tiga hipotesis yang diterima secara signifikan yiatu pada hubungan self-efficacy berpengaruh positif terhadap readiness career yang dimediasi oleh digital skill advantage (H1a), curriculum berpengaruh positif terhadap readiness career melalui digital skill advantage (H3a), dan internship program juga berpengaruh positif terhadap readiness career yang dimediasi oleh digital skill advantage (H3b). Sementara itu, tiga hipotesis lainnya menunjukkan hubungan tidak signifikan, yaitu: digital mindset terhadap readiness career yang dimediasi oleh digital skill advantage (H1b), socioeconomic status terhadap readiness career melalui digital skill advantage (H2a), serta parental career congruence terhadap readiness career yang dimediasi oleh digital skill advantage (H2b). Studi ini berkontribusi pada pengembangan Theory of Reasoned Action dengan menunjukkan bahwa niat atau kecenderungan individu untuk siap menghadapi dunia kerja dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis dan institusional melalui penguasaan keterampilan digital. Selain itu, kontribusi terhadap Technology Acceptance Model tercermin dari peran signifikan curriculum dan internship program yang meningkatkan persepsi kegunaan serta kemudahan dalam penerapan keterampilan digital, yang pada akhirnya mendorong peningkatan kesiapan karier mahasiswa di era digital. Kata Kunci: Self-efficacy, digital mindset, socioeconomic status, parental career congruence, curriculum, internship program, digital skill advantage, dan readiness career
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |