KUNCAHYO, BASKARA HADI (2025) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300183_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300183_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian dengan Customer Trust sebagai variabel pemediasi. Studi ini dilatarbelakangi oleh adanya kontroversi dalam penelitian sebelumnya serta fenomena yang menunjukkan pentingnya peran citra merek dan kepercayaan pelanggan dalam mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research dengan populasi yang terdiri dari konsumen Batik Benang Raja di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan rumus jumlah item pertanyaan dikalikan 10, sehingga diperoleh 130 responden yang merupakan konsumen Benang Raja Batik di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengukuran variabel dilakukan menggunakan kuesioner tertutup dengan skala Likert 1 hingga 5, mulai dari Sangat Tidak Setuju (STS) hingga Sangat Setuju (SS). Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan karakteristik data melalui nilai mean, standar deviasi, varian, minimum, maksimum, sum, range, kurtosis, dan skewness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Trust. Selain itu, Brand Image juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Selanjutnya, Customer Trust juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya peran Brand Image dan Customer Trust dalam meningkatkan keputusan pembelian, sehingga pelaku UMKM Batik Semarangan perlu memperkuat citra merek dan membangun kepercayaan pelanggan guna meningkatkan daya saing bisnis mereka. Kata Kunci : Brand Image; Customer Trust; Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:05 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |