PERAN SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT DALAM MEMEDIASI FIRM GENERATED CONTENT DAN USER GENERATED CONTENT TERHADAP PURCHASE INTENTION SKINCARE SOMETHINC

APRILLIA, ERLISA (2025) PERAN SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT DALAM MEMEDIASI FIRM GENERATED CONTENT DAN USER GENERATED CONTENT TERHADAP PURCHASE INTENTION SKINCARE SOMETHINC. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30402100091_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30402100091_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten yang dibuat oleh perusahaan dan konten yang dibuat oleh pengguna terhadap minat beli skincare Somethinc dengan keterlibatan media sosial sebagai variabel mediasi. Dalam era pemasaran digital, media sosial menjadi alat penting bagi perusahaan untuk berinteraksi dan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. TikTok, sebagai platform media sosial sekaligus e-commerce memanfaatkan konten dari perusahaan dan konten dari pengguna sebagai strategi utama dalam menarik minat beli konsumen.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 230 responden pengguna skincare Somethinc yang aktif di TikTok. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling, dan data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten yang dibuat oleh perusahaan dan konten yang dibuat oleh pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Selain itu, keterlibatan media sosial terbukti sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara kedua jenis konten tersebut terhadap niat beli konsumen. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi perusahaan e-commerce, khususnya TikTok, dalam mengoptimalkan strategi pemasaran media sosial untuk meningkatkan minat beli dan keputusan pembelian konsumen. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan teoritis mengenai peran media sosial dalam membentuk perilaku konsumen di era digital. Kata Kunci: Konten Perusahaan, Konten Pengguna, Keterlibatan Media Sosial, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41379

Actions (login required)

View Item View Item