Ningrum, Elvira Mustika (2025) PERAN KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM MEMEDIASI PENGARUH AFFILIATE MARKETING DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus Produk Skincare Skintific Pada Generasi Z Di Kota Semarang ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Manajemen_30402100088_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Manajemen_30402100088_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh affiliate marketing dan viral marketing terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari 115 responden pengguna dan calon pengguna produk skincare Skintific di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling, dengan kriteria responden yang aktif di media sosial dan termasuk dalam kategori Generasi Z (lahir antara 1997–2006). Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring yang disebarkan secara online. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa affiliate marketing dan viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian. Selain itu, kepercayaan konsumen terbukti berperan sebagai mediator dalam hubungan antara affiliate marketing dan viral marketing terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran digital, khususnya dalam meningkatkan efektivitas pemasaran berbasis kepercayaan konsumen. Kata Kunci: Affiliate Marketing, Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |