Ramadhan, Additsar (2025) PENGARUH BRAND IMAGE DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Terhadap Pelanggan Es Teh Indonesia Pada Generasi Z Di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Manajemen_30402100020_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Manajemen_30402100020_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand image dan perceived quality terhadap repurchase intention dengan customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Objek penelitian difokuskan pada konsumen minuman Es Teh Indonesia dari kalangan Generasi Z yang berada di Kota Semarang. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh semakin ketatnya persaingan di industri minuman kekinian, sehingga penting bagi perusahaan untuk memahami faktor-faktor apa saja yang bisa mendorong konsumen melakukan pembelian ulang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling terhadap 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada konsumen Es Teh Indonesia yang pernah membeli dan mengonsumsi produk tersebut minimal dua kali. Analisis data dilakukan dengan menggunakan alat bantu SmartPLS 4, yang digunakan untuk menguji hubungan antar variabel dalam model penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan perceived quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Brand image juga terbukti berpengaruh langsung terhadap repurchase intention, sedangkan perceived quality tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Selain itu, customer satisfaction terbukti memiliki pengaruh positif terhadap repurchase intention. Hasil lainnya menunjukkan bahwa customer satisfaction mampu menjadi variabel mediasi dalam hubungan antara brand image dan perceived quality terhadap repurchase intention. Temuan ini mengindikasikan bahwa kepuasan pelanggan memainkan peran penting dalam membentuk niat pembelian ulang konsumen. Oleh karena itu, perusahaan perlu menjaga citra merek yang positif dan meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh agar dapat menciptakan pengalaman yang memuaskan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Kata kunci : Brand Image, Perceived Quality, Customer Satisfaction, Repurchase Intention.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |