ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI SATAP SERING KABUPATEN SOPPENG SULAWESI SELATAN

KASMA, KASMA (2025) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI SATAP SERING KABUPATEN SOPPENG SULAWESI SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300399_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300399_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri Satap Sering Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan karakter yang muncul pada diri peserta didik setelah penerapan kurikulum merdeka di SMP Negeri Satap Sering Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum merdeka di SMP Negeri Satap Sering Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung dari Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Administrasi, dan Peserta Didik. Data sekunder diperoleh dari Buku, Jurnal, Artikel, dan Hasil Penelitian lainnya yang mempunyai relevansi dengan fokus penelitian. Metode pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tahapan Reduksi, Penyajian, dan Pengambilan Kesimpulan. Uji keabsahan dilakukan melalui Teknik Triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan, 1) Penerapan kurikulum Merdeka di SMP Negeri Satap Sering Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan melalui 2 (dua) tahap yaitu tahap Pengimplementasian/Penerapan dan tahap Evaluasi/Penilaian. 2) Karakter yang muncul pada diri peserta didik tergambar pada aspek kognitif, afektif, moral/keagamaan, dan aspek sosial. 3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum merdeka di SMP Negeri Satap Sering Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan terdiri atas faktor materil dan imateriil. Saran penelitian menghendaki adanya persiapan dan pertimbangan matang sebelum mengambil kebijakan penerapan kurikulum merdeka, perlunya dukungan penuh dari semua unsur untuk membentuk karakter peserta didik melalui kurikulum merdeka, dan perlunya usaha maksimal untuk menciptakan faktor pendukung dan diperlukan upaya serius untuk meminimalisir faktor penghambat. Kata Kunci: Analisis, Kurikulum Merdeka, Karakter

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41101

Actions (login required)

View Item View Item