NISCOYO, GINANJAR (2025) TRANSFORMASI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM PERSPEKTIF KH IMAM ZARKASYI (TELAAH PEMIKIRAN DAN RELEVANSINYA DI ERA MODERN). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300391_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300391_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
Abstract
Pendidikan pesantren di Indonesia telah lama menjadi pilar pendidikan Islam, namun relevansinya dalam menghadapi era modern sering dipertanyakan. KH Imam Zarkasyi, melalui gagasan dan kontribusinya, membawa transformasi penting bagi pendidikan pesantren, terutama melalui Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji latar belakang pemikiran KH Imam Zarkasyi, konsep pendidikan pesantren yang beliau kembangkan, relevansinya di era globalisasi, serta transformasi pendidikan pesantren modern berdasarkan pemikiran beliau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Data diperoleh melalui kajian literatur dan analisis pemikiran KH Imam Zarkasyi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan beliau mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan ilmu pengetahuan modern, menekankan penguasaan bahasa asing, dan membentuk karakter santri yang mandiri serta berwawasan global. Kesimpulannya, pemikiran KH Imam Zarkasyi tentang pendidikan pesantren memiliki relevansi yang signifikan dengan tantangan era modern. Transformasi pendidikan berbasis nilai keislaman yang progresif menjadikan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang mampu mencetak generasi berdaya saing global tanpa kehilangan identitas Islamnya. Kata Kunci: KH Imam Zarkasyi, pendidikan pesantren, transformasi, era modern, relevansi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |