PROFESIONALISME PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SD ISLAM AL IKHLAS CIPETE JAKARTA SELATAN

Jailani, Abdul Qodir (2025) PROFESIONALISME PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SD ISLAM AL IKHLAS CIPETE JAKARTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300310_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300310_fullpdf.pdf

Download (909kB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an di tingkat sekolah dasar memegang peran penting dalam pembentukan karakter dan spiritualitas peserta didik. Di SD Islam Al Ikhlas Cipete, kebijakan manajemen menugaskan guru non-PAI untuk mengajar Al-Qur’an, yang menimbulkan tantangan kompetensi dan tanggung jawab berlapis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi profesionalisme pendidik Al-Qur’an, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam konteks guru non-PAI dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi pembelajaran, serta dokumentasi RPP dan modul ajar Al-Qur’an. Analisis dilakukan secara interaktif melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen awal (pos-tes) kompetensi tajwid menjadi dasar klasifikasi pelatihan Tilawati dan tahsin. Program tahsin dua kali sebulan serta micro-teaching dalam KKG terbukti meningkatkan kelancaran baca dan metode mengajar. Evaluasi kolaboratif melibatkan supervisor, rekan sejawat, dan orang tua, sehingga proses refleksi berkesinambungan. Faktor pendukung meliputi dukungan manajemen, penyediaan media ajar digital, dan budaya kolaborasi. Sementara faktor penghambat berupa tanggung jawab berlapis, variabilitas kemampuan awal guru, dan ketersediaan waktu yang ideal. Pelaksanaan profesionalisme pendidik Al-Qur’an di SD Islam Al Ikhlas perlu ditopang oleh kebijakan sekolah yang terstruktur, pelatihan berkelanjutan, serta evaluasi partisipatif. Penyesuaian beban mengajar dan insentif motivasi menjadi kunci untuk menjembatani kesenjangan kompetensi guru non-PAI. Kata Kunci: Profesionalisme guru, Pembelajaran Al-Qur’an, Guru non-PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41087

Actions (login required)

View Item View Item