IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR'AN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN AKHLAK SANTRI KELAS XI MA DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH 2 BOGOR

KHAFIDOH, NUR (2025) IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR'AN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN AKHLAK SANTRI KELAS XI MA DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH 2 BOGOR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300268_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300268_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan menghafal Al-Qur’an dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan prestasi belajar dan akhlak santri kelas XI MA di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor. Kegiatan tahfidz menjadi bagian dari program unggulan pesantren yang dilaksanakan secara intensif dan berkesinambungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian diarahkan pada implementasi kegiatan tahfidz, peningkatan prestasi akademik, serta perubahan perilaku dan akhlak santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menghafal Al-Qur’an berdampak signifikan terhadap peningkatan daya ingat, konsentrasi, serta penguasaan materi pelajaran santri. Selain itu, santri yang aktif dalam kegiatan tahfidz menunjukkan perubahan akhlak ke arah yang lebih baik, ditandai dengan kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, dan kesopanan dalam berperilaku. Faktor pendukung utama keberhasilan program tahfidz antara lain adalah lingkungan pesantren yang kondusif, pembinaan yang terstruktur, dan motivasi tinggi dari para santri. Adapun hambatan yang dihadapi antara lain perbedaan kemampuan individu dalam menghafal dan manajemen waktu antara kegiatan akademik dan tahfidz. Secara keseluruhan, kegiatan tahfidz di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining terbukti efektif dalam menunjang aspek kognitif dan akhlak santri. Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Prestasi Belajar, Akhlak, Santri, Darunnajah 2 Bogor

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41083

Actions (login required)

View Item View Item