A. DIMYATI, A. DIMYATI (2025) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA KEMANDIRIAN SISWA MTs DARUNNAJAH CIPINING BOGOR JAWA BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300236_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300236_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
Abstract
Kemandirian belajar merupakan aspek penting dalam perkembangan siswa, terutama di lingkungan pesantren yang menuntut kedisiplinan dan tanggung jawab tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan oleh guru dalam membina kemandirian siswa di MTs Darunnajah Cipining, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan siswa, serta dokumentasi dan observasi lapangan. Data dianalisis secara deskriptif dengan merujuk pada teori-teori pendidikan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan kemandirian siswa, di antaranya: latar belakang pendidikan siswa, lingkungan pesantren, serta motivasi internal siswa. Strategi yang diterapkan oleh guru meliputi pemberian tugas mandiri, pembelajaran berbasis proyek, pembiasaan disiplin, dan pemberian tanggung jawab dalam kegiatan belajar maupun kegiatan pesantren lainnya. Lingkungan pesantren yang menerapkan sistem asrama turut mendorong siswa untuk lebih bertanggung jawab dan mampu mengelola waktu secara mandiri. Selain itu, ditemukan bahwa sebagian besar siswa sudah menunjukkan tingkat kemandirian belajar yang baik, meskipun masih diperlukan pendekatan berkelanjutan untuk menumbuhkan inisiatif dan kesadaran belajar tanpa arahan langsung dari guru. Secara keseluruhan, strategi guru yang didukung oleh budaya pesantren terbukti efektif dalam membina sikap kemandirian siswa. Kata Kunci: Strategi Guru, Kemandirian Belajar, MTs Darunnajah, Pesantren
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |