Saputra, Meidianas (2025) PENGEMBANGAN BUKU MONITORING SEBAGAI MEDIA PEMANTAUAN DISIPLIN DAN KUALITAS IBADAH SISWA DI BOARDING SCHOOL SMKN 1 SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300110_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300110_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
Abstract
Meidianas Saputra: Pengembangan Buku Monitoring sebagai Media Pemantauan Disiplin dan Kualitas Ibadah Siswa di Boarding School SMKN 1 Sumatera Barat Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah absennya sistem monitoring yang terstruktur dan efektif dalam pemantauan disiplin serta kualitas ibadah siswa di lingkungan boarding school, yang berdampak pada lemahnya proses pembinaan karakter religius serta tidak tersedianya data objektif sebagai dasar evaluasi kebiasaan ibadah. Selain itu, administrasi konvensional yang belum sistematis semakin mempersulit proses monitoring berkelanjutan dan arsip data yang memadai. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan proses pengembangan buku monitoring sebagai media pemantauan disiplin dan kualitas ibadah siswa di Boarding School SMKN 1 Sumatera Barat, (2) menganalisis kelayakan isi dan desain buku monitoring berdasarkan validasi ahli materi dan media sebelum implementasi, dan (3) mengidentifikasi tanggapan pembina serta siswa terhadap penggunaan buku monitoring dalam pemantauan disiplin dan kualitas ibadah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan suatu produk tertentu serta menguji tingkat keefektifan dari produk tersebut dengan pendekatan deskriptif-mix, terdiri dari enam tahapan utama, melibatkan validasi oleh ahli materi dan ahli media, wawancara, observasi, serta penyebaran angket kepada kelompok kecil dan besar, dengan analisis data secara kuantitatif melalui persentase. Temuan menunjukkan bahwa buku monitoring memperoleh kelayakan sangat tinggi dari ahli materi (88,88%) dan ahli media (91,1%), serta respon positif pada uji coba kelompok besar dari pembina (92%) dan siswa (91%), membuktikan efektivitas media ini dalam meningkatkan disiplin, kualitas ibadah, serta memperkuat fungsi monitoring dan komunikasi antara pembina dan siswa, sekaligus mengatasi keterbatasan monitoring konvensional melalui pendekatan partisipatif dan adaptif sesuai karakter boarding school. Untuk penelitian berikutnya, disarankan untuk mengembangkan inovasi media monitoring yang integratif antara manual dan digital di berbagai konteks pendidikan berasrama serta melakukan uji efektivitas lebih luas pada jenis boarding school yang beragam. Kata kunci: pengembangan, buku monitoring, disiplin siswa, kualitas ibadah, boarding school
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:08 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |