IMPLEMENTASI VARIASI METODE PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH 02 PATEAN KENDAL

KHASANAH, ILMIYATI (2025) IMPLEMENTASI VARIASI METODE PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH 02 PATEAN KENDAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200066_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200066_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Implementasi Variasi Metode Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Muhammadiyah 02 Patean Pendidikan merupakan usaha yang berkelanjutan dalam lingkungan akademis. Pembelajaran bukan hanya sekadar ceramah dan kehadiran fisik pendidik di depan kelas. Pembelajaran mencakup metodologi dan strategi yang dipergunakan dalam menyampaikan konten pendidikan, mendorong interaksi, dan mengatur lingkungan belajar untuk memastikan bahwa siswa berkembang dan memenuhi tujuan yang ditetapkan. Faktor penting dalam mencapai keberhasilan dalam pendidikan terletak pada pemahaman dan penguasaan guru yang mendalam terhadap metodologi pembelajaran yang efektif. Studi ini menyajikan rumusan masalah yang dihadapi, yang meliputi: Menyusun strategi pelaksanaan berbagai metodologi dalam studi sejarah budaya Islam di Mts Muhammadiyah 02 Patean melibatkan eksplorasi metode yang digunakan dalam implementasi ini. Selain itu, penting untuk memeriksa perbedaan yang ada dalam penerapan berbagai pendekatan terhadap sejarah budaya Islam di Mts Muhammadiyah 02 Patean. Salah satu tantangan dalam penyelenggaraan pendidikan terletak pada integrasi media pembelajaran dan terbatasnya penerapan metode pedagogi. Kurangnya media serta variasi metode pembelajaran mengakibatkan proses pembelajaran di kelas mengalami kejenuhan, sehingga daya tarik pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah kebudayaan islam berkurang. Penerapan variasi metode yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran merupakan salah satu cara untuk memahamkan materi pembelajaran sejarah kebudayaan kepada peserta didik , sehingga dapat dipelajari sesuai dengan materi-materi yang akan diterapkan menggunakan variasi metode pembelajaran seperti metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode kisah dan metode timeline. Penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaan yang monoton akan mengakibatkan kurangnya pemahaman serta semangat belajar peserta didik, sehingga proses pembelajaran yang berlangsung akan menghambat tercapainya tujuan pendidikan. Dengan demikian pentingnya menggunakan variasi metode dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam, diharapkan dapat bermanfaat bagi keilmuan dalam menambah wawasan pemahaman, serta menambahkan kecerdasan bagi peserta didik . Kata Kunci: Implementasi, Variasi Metode, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41072

Actions (login required)

View Item View Item