EVALUASI KINERJA LALU LINTAS DI JALAN PROKLAMASI PASCA OPERASIONAL KANTOR PEMERINTAHAN TERPADU KABUPATEN BREBES

MUAKHOR, ADAM (2025) EVALUASI KINERJA LALU LINTAS DI JALAN PROKLAMASI PASCA OPERASIONAL KANTOR PEMERINTAHAN TERPADU KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202300046_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202300046_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Perubahan penggunaan lahan dan jaringan transportasi sangat memengaruhi aksesibilitas suatu kawasan. Salah satu perubahan penggunaan lahan yang terjadi di Kabupaten Brebes yaitu Pembangunan Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Kabupaten Brebes yang berada di Jalan Proklamasi. Dengan adanya pembangunan KPT akan sedikit banyak mempengaruhi kinerja lalu lintas di ruas Jalan Proklamasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lalu lintas dan menyusun rekomendasi strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian campuran (mixed method) yaitu metode analisis PKJI (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia) Tahun 2014 dan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pelayanan ruas jalan proklamasi pada hari kerja sebelum operasional KPT berkategori B dengan derajat kejenuhan atau nilai Q/C ratio sebesar 0,36 dan setelah (pasca) operasional KPT berkategori C dengan derajat kejenuhan atau nilai Q/C ratio sebesar 0,66. Sedangkan tingkat pelayanan jalan pada hari libur baik sebelum maupun setelah operasional KPT masih sama berkategori B dengan derajat kejenuhan atau nilai Q/C ratio masing-masing sebesar 0,23 dan 0,44. Kesimpulan bahwa terjadi penurunan tingkat pelayanan ruas jalan proklamasi yaitu pada hari kerja sebelum operasional KPT dengan tingkat pelayanan ruas jalan Kategori B dan pasca operasional KPT dengan tingkat pelayanan ruas jalan menjadi Kategori C. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 bahwa tingkat pelayanan jalan kolektor primer sekurang-kurangnya B artinya bahwa jalan proklamasi ini pasca operasional KPT belum memenuhi standar tingkat pelayanan jalan. Rekomendasi strategi berupa peningkatan jalan berupa pelebaran jalan yang semula lebar jalan 4 meter dengan tipe ruas jalan 2/2 UD menjadi 14 meter dengan tipe ruas jalan 4/2 UD dengan dilengkapi jalur pejalan kaki (trotoar), melakukan penerapan manajemen rekayasa lalu lintas berupa perencanaan, pengaturan, penyelenggaraan dan pemeliharaan dan melakukan penerapan/implementasi yang ketat terkait pelaksanaan dokumen ANDALALIN. Kata kunci : Kantor Pemerintahan Terpadu; Perubahan Penggunaan Lahan; Kinerja Lalu Lintas; dan Analytical Hierarchy Process (AHP).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41070

Actions (login required)

View Item View Item