PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM ADIAN HUSAINI DALAM PERSPEKTIF ISLAMIC WORLDVIEW DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KONTEMPORER

ANSORI, MUHAMAD HIFDZI (2025) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM ADIAN HUSAINI DALAM PERSPEKTIF ISLAMIC WORLDVIEW DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KONTEMPORER. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200024_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Pemikiran Adian Husaini tentang pendidikan Islam memiliki relevansi penting dalam memahami dan mengatasi tantangan pendidikan kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pemikiran pendidikan Islam Adian Husaini melalui perspektif Islamic worldview dan menganalisis relevansinya terhadap pendidikan kontemporer. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pustaka, berfokus pada karya-karya Adian Husaini serta literatur yang relevan mengenai pendidikan Islam dan Islamic worldview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adian Husaini menekankan pentingnya integrasi ilmu dan agama dalam pendidikan serta pembentukan karakter Islami dengan adab berbasis nilai-nilai tauhid. Dalam kerangka ini, pendidikan Islam berfungsi tidak hanya sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai proses pembentukan manusia paripurna (insan kamil) yang mampu menghadapi tantangan globalisasi, krisis moral, dan disintegrasi budaya dalam masyarakat modern. Relevansi pemikiran Adian Husaini terhadap pendidikan kontemporer terlihat perlu adanya penyesuaian kurikulum, penguatan pendidikan karakter, dan penerapan nilai-nilai Islam dalam pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemikiran pendidikan Islam Adian Husaini memberikan kontribusi signifikan dalam membangun model pendidikan yang holistik dan berorientasi pada pembentukan generasi yang bermoral, berilmu, dan berdaya saing di era kontemporer. Kata kunci: Pemikiran Adian Husaini, Pendidikan Islam, Islamic worldview.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41066

Actions (login required)

View Item View Item