STRATEGI PENDIDIKAN ADAB MELALUI KURIKULUM IMAN DAN KURIKULUM AL- QUR’AN DI KUTTAB AL-FATIH DEMAK

Mawaddati, Abkarika (2025) STRATEGI PENDIDIKAN ADAB MELALUI KURIKULUM IMAN DAN KURIKULUM AL- QUR’AN DI KUTTAB AL-FATIH DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200001_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200001_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)

Abstract

Pendidikan adab merupakan salah satu elemen penting dalam membentuk kepribadian dan karakter Islami generasi muda. Namun, banyak tantangan yang dihadapi dalam mengintegrasikan pendidikan adab ke dalam sistem pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pendidikan adab melalui penerapan Kurikulum Iman dan Kurikulum Al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Demak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan adab di Kuttab Al-Fatih dilaksanakan melalui pendekatan integratif antara sekolah dan keluarga. Strategi utamanya melibatkan program-program seperti Bimbingan Bersama Orang Tua (BBO), POSKU (Persatuan Orang tua Santri Kuttab Al-Fatih), dan Halaqah Orang Tua, yang bertujuan memperkuat kolaborasi antara guru dan orang tua dalam membentuk karakter Islami siswa. Kurikulum Iman dan Kurikulum Al-Qur’an berfungsi sebagai landasan utama dalam pembelajaran, dengan fokus pada nilai-nilai adab seperti adab terhadap guru, teman, dan lingkungan. Penerapan strategi ini menggunakan berbagai metode, termasuk metode pemahaman, pembiasaan, reward and punishment, keteladanan, dan integrasi. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan melalui rapat pleno, penilaian adab, dan home visit untuk memastikan pembelajaran berjalan efektif dan sesuai dengan tujuan. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan waktu dan keterlibatan orang tua, dan menawarkan solusi untuk meningkatkan efektivitas implementasi kurikulum. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi dunia pendidikan Islam. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya diskusi tentang integrasi pendidikan adab berbasis nilai-nilai Islam. Secara praktis, penelitian ini menjadi panduan strategis bagi lembaga pendidikan Islam lainnya untuk mengadopsi atau mengembangkan pendekatan serupa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong terciptanya pendidikan yang tidak hanya menekankan aspek akademis, namun juga membentuk karakter mulia yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadis. Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Adab, Kurikulum Iman, Kurikulum Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41065

Actions (login required)

View Item View Item