INTERNALISASI NILAI KEBERSAMAAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM GUNA MENCEGAH PERUNDUNGAN DI SD NEGERI PRIGI 2 KEBONAGUNG DEMAK TAHUN AJAR 2024/2025

MUQORRIROH, SYAHADAH (2025) INTERNALISASI NILAI KEBERSAMAAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM GUNA MENCEGAH PERUNDUNGAN DI SD NEGERI PRIGI 2 KEBONAGUNG DEMAK TAHUN AJAR 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100145_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100145_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai kebersamaan pada peserta didik di SD Negeri Prigi 2 guna mencegah terjadinya perundungan. Menggunakan Metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa di SD Negeri Prigi 2 telah menginternalisasikan nilai kebersamaan guna mencegah perundungan dengan baik yang dilakukan melalui penanaman sikap toleransi, empati, solidaritas, dan tolong menolong, dengan cara melaksanakan10 progam kegiatan yang dilakukan secara rutin yaitu membaca Asmaul Husnah bersama, senam bersama, bersih-bersih lingkungan sekolah bersama, belajar kelompok bersama, berdiskusi bersama, pembuatan regu piket, kegiatan bermain bersama, dan kegiatan makan bersama. Penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai kebersamaan efektif mencegah perundungan di SD Negeri Prigi 2. Disarankan agar sekolah terus mengembangkan pendidikan karakter yang menekankan kebersamaan, empati, dan toleransi untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan kondusif bagi siswa. Kata kunci: Internalisasi Kebersamaan; Pencegahan Perundungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41060

Actions (login required)

View Item View Item