IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs NURUL ISLAM KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA

WINARSIH, SRI (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs NURUL ISLAM KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100144_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100144_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Sri Winarsih. 31502100144. IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MTs NURUL ISLAM KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Manajamen Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi manajemen madrasah yang diterapkan pada MTs Nurul Islam sudah baik, dimana Kepala Madrasah yang diberi wewenang luas dalam mengembangkan madrasah dalam pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik. Adapun dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara : Perencanaan Pembelajaran PAI, Pelaksanaan Pembelajaran PAI, dan Evaluasi Pembelajaran PAI. Mutu Pendidikan di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara telah dikatakan baik dengan memenuhi Standar Mutu Pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, berikut ini adalah standar-standar tersebut: Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana, Standar Kompetensi Lulusan, dan Standar Proses. Faktor Pendukung implementasi manajemen madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu kualifikasi akademik guru sudah sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, adanya partisipasi aktif dari warga madrasah, stakeholder, dan orang tua peserta didik dan sarana belajar yang memadai. Faktor penghambatnya ialah kurangnya perhatian peserta didik terhadap materi pembelajaran PAI dan Penggunaan Gagjet pada peserta didik yang berlebihan. Kata Kunci: Implementasi; Manajemen Madrasah; Mutu Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41059

Actions (login required)

View Item View Item