PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS XII DI MA NAHDLATUL MUSLIMIN UNDAAN KUDUS TAHUN AJARAN 2024/2025

KHOIRIYAH, FARIKHATIN UMMI (2025) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS XII DI MA NAHDLATUL MUSLIMIN UNDAAN KUDUS TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100137_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100137_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang keterampilan public speaking guru fikih kelas XII di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, untuk mengetahui hasil belajar fikih siswa kelas XII di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan public speaking guru terhadap hasil belajar fikih siswa kelas XII di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian berjumlah 265 siswa kelas XII, dengan sampel sebanyak 73 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa tentang keterampilan public speaking guru berada dalam kategori baik dengan TCR 74%, sementara hasil belajar fikih siswa berada dalam kategori sangat baik dengan TCR 88%. Uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti ada pengaruh signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan public speaking guru terhadap hasil belajar siswa. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,539 menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan public speaking guru memberikan kontribusi sebesar 53,9% terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Public Speaking, Guru, Hasil Belajar, Fikih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41049

Actions (login required)

View Item View Item