IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL AL-QUR’AN KELAS X-1 TAHFIDZ MAN 1 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

ARKAN, MUHAMMAD (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL AL-QUR’AN KELAS X-1 TAHFIDZ MAN 1 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100076_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100076_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis “Implementasi Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an Kelas X-1 Man 1 Kota Semarang Tahun Ajaran 2024/2025”. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya lembaga pendidikan yang berpondasi landasan utama Al-Qur’an dan Hadits, khususnya lembaga pendidikan MAN 1 Kota Semarang dalam membina moral dan karakter generasi emas melalui pembelajaran unggulan Tahfidzul Al-Qur’an. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an, faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an dikelas X-1 MAN Kota Semarang serta upaya guru dan madrasah dalam mengatasi dua faktor tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi teknis analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan implementasi pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan meliputi penentuan kurikulum, tujuan pembelajaran, dan penetapan target serta sarana prasarana. Pelaksanaan meliputi pengelolaan kelas, setoran hafalan, dan penggunaan metode. Evaluasi terdiri ada tiga macam yaitu harian, ujian Tasmi’ bulanan dan ujian Tahfidz semesteran. Faktor pendukung yang utama pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an adalah asrama pesantren. Upaya madrasah dalam mengembangkan faktor pendukung dengan pengalokasian dana khusus pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an serta hadiah bagi peserta didik. Selain, itu juga terdapat faktor penghambat yang paling berpengaruh yaitu penggunaan handphone yang berlebihan. Upaya madrasah dalam mengatasi hal tersebut dengan peserta didik wajib mengumpulkan handphone setelah pulang sekolah. Implikasi dari penelitian berupa saran bagi madrasah agar memberikan kompetensi profesional guru Tahfidz melalui pelatihan atau workshop. Bagi penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi keterlibatan orang tua dan lingkungan luar madrasah dalam mendukung keberhasilan pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an secara menyeluruh. Kata Kunci : MAN 1 Kota Semarang, Implementasi, Penudukung, Penghambat Tahfidzul Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41036

Actions (login required)

View Item View Item