PERAN GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII MTs NU MRANGGEN TAHUN 2025

LUTFIANA, LUTFIANA (2025) PERAN GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII MTs NU MRANGGEN TAHUN 2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100066_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100066_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas VII di MTs NU Mranggen. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan sebagian siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an secara baik dan benar. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah Guru Qur'an Hadis, Guru BTQ, dan 5 Perwakilan kelas pada masing-masing kelas VII di MTs Nu Mranggen Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Al-Qur'an Hadis dalam meningkatkan kemampuan mambaca dan menghafal Al-Qur'an adalah sebagai sumber informasi, pembimbing, manajer, motivator, fasiliator, demonstrator, dan evaluator. Kemampuan membaca dan hafalan Al-Qur'an siswa menunjukkan 17 siswa (Tahfidz), sangat lancar dalam membaca, 109 (Juz Amma), sangat baik dan lancar, 54 siswa (Iqra’) belum lancar, sedangkan dalam kemampuan menghafal sebagian memperoleh nilai di bawah rata-rata, meskipun sebagian kelas terjadi peningkatan hafalan. Faktor pendukung guru Al-Qur’an Hadis adalah kerjasama dengan guru BTQ dan faktor penghambat guru Al-Qur’an Hadis adalah kurangnya antusias dan minat siswa serta kurangnya dukungan orang tua siswa memberikan motivasi belajar siswa. Kata kunci: peran guru Al-Qur’an Hadis; kemampuan siswa; membaca Al-Qur’an; menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41035

Actions (login required)

View Item View Item