LAILI, KHOLIFATUL (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA DAN TULIS AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS NU MRANGGEN DEMAK JAWA TENGAH TAHUN 2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100058_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100058_fullpdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an pada siswa di MTs NU Mranggen Demak pada tahun 2025. Kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an merupakan kompetensi dasar yang sangat penting bagi siswa sebagai landasan dalam memahami ajaran Islam. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru BTQ, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, serta siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi, seperti pemetaan kemampuan awal siswa, penerapan metode pembelajaran yang beragam, serta pemberian tugas mandiri untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an. Faktor pendukung keberhasilan strategi tersebut antara lain kompetensi guru, dukungan dari madrasah, dan motivasi siswa, sementara faktor penghambatnya adalah perbedaan kemampuan siswa, kurangnya dukungan dari orang tua, serta lingkungan belajar yang kurang mendukung. Kesimpulannya, strategi yang diterapkan oleh guru di MTs NU Mranggen efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa, namun perlu adanya kerja sama yang lebih erat antara guru, siswa, dan orang tua agar hasil pembelajaran dapat lebih optimal. Kata Kunci : Strategi; Kemampuan; Baca Tulis Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 01:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |