IMPLEMENTASI METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MTs NU MRANGGEN DEMAK

Azzahro, Fitri Aulia Rahmi (2025) IMPLEMENTASI METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MTs NU MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100052_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100052_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi metode jigsaw dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan dampaknya terhadap peningkatan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs NU Mranggen Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam pelaksanaannya, metode ini mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, membentuk tanggung jawab individu dan kelompok, serta menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya kedisiplinan. Faktor pendukung keberhasilan implementasi metode ini meliputi antusiasme siswa, dukungan pihak madrasah, dan kesesuaian materi. Adapun hambatannya antara lain perbedaan kemampuan akademik siswa, kurangnya kedisiplinan awal, dan keterbatasan fasilitas pendukung pembelajaran. Kata Kunci: Metode Jigsaw, Akidah Akhlak, Kedisiplinan, Pembelajaran Kooperatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41025

Actions (login required)

View Item View Item