SURYANI, FEBRIANTI FAUZIYAH (2025) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS ASY-SYAFI’IYYAH MULYOREJO DEMAK TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100050_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100050_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik di MTs Asy-Syafi’iyyah Mulyorejo Demak tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar, dengan sampel sebanyak 48 siswa yang dipilih secara acak dari populasi 80 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar Akidah Akhlak, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,426. Artinya, sebesar 42,6% variasi hasil belajar dapat dijelaskan oleh metode pembelajaran ini, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Temuan ini membuktikan bahwa metode problem solving efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analisis terhadap nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Problem Solving; Hasil Belajar; Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 01:50 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |