A. SEROJUDIN, A. SEROJUDIN (2025) OPTIMALISASI PEMANFAATAN MUSHOLA SEKOLAH SEBAGAI LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA NU MRANGGEN DEMAK 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100035_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100035_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi optimalisasi pemanfaatan mushola sekolah sebagai laboratorium Pendidikan Agama Islam (PAI) di MA NU Mranggen Demak. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mushola telah dimanfaatkan sebagai ruang praktik pembelajaran PAI yang mencakup kegiatan ibadah harian, pelatihan ibadah (seperti wudhu, shalat jenazah), dan kegiatan keagamaan seperti peringatan hari besar Islam. Strategi optimalisasi yang diterapkan meliputi pembiasaan religius, integrasi kegiatan praktik ke dalam kurikulum, penguatan peran guru sebagai fasilitator, pendekatan sosial-emosional, serta upaya evaluasi kegiatan secara bertahap. Faktor pendukung antara lain keterlibatan guru, antusiasme peserta didik, dan kebijakan madrasah yang mendukung. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan fasilitas mushola, alokasi waktu praktik yang kurang, rendahnya partisipasi sebagian peserta didik, serta belum adanya sistem evaluasi terstruktur. Penelitian ini merekomendasikan penguatan fasilitas mushola, penyusunan jadwal praktik yang terencana, dan pengembangan sistem evaluasi berbasis aktivitas keagamaan. Kata Kunci: Optimalisasi, Mushola Sekolah, Laboratorium Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 09:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |