TINDAKAN EDUKATIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PERUNDUNGAN DI MI MIFTAHUSH SHIBYAN 02 GENUKSARI SEMARANG

NISA’, AGHISNA ISLAMATUN (2025) TINDAKAN EDUKATIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PERUNDUNGAN DI MI MIFTAHUSH SHIBYAN 02 GENUKSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100025_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perundungan yang terjadi serta tindakan edukatif yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani perundungan di MI Miftahush Shibyan 02 Genuksari Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari kepala sekolah, guru PAI, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perundungan yang terjadi meliputi perundungan verbal dan fisik, seperti ejekan, pemanggilan nama orang tua, serta tindakan memukul dan menarik jilbab. Guru PAI melakukan tindakan edukatif berupa pengajaran, bimbingan, dan latihan yang bertujuan membentuk karakter religius, membimbing secara emosional, serta meningkatkan kesadaran sosial siswa. Tindakan edukatif tersebut terbukti membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan harmonis, serta mengurangi intensitas perundungan di sekolah. Kata Kunci: Tindakan Edukatif, Guru Pendidikan Agama Islam, Perundungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2025 09:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41000

Actions (login required)

View Item View Item