IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 10 SEMARANG

MAGFIROH, HANIK (2025) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 10 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100009_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui perapan model project based learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN 10 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMAN 10 Semarang. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua sumber data yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi model project based learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN 10 Semarang yang meliputi perencanaan yaitu dengan menyusun RPP, modul ajar, model pembelajaran PjBL, materi pembelajaran, dan media pembelajaran yang dibutuhkan. Proses pelaksanaan model project based learning, yang memiliki tiga tahapan dasar yaitu: pendahuluan, kegiatan inti yang terdiri dari enam sintaks yaitu (pertanyaan mendasar, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitoring pelaksanaan proyek, menguji hasil, evaluasi), dan penutup. Proses evaluasi di akhir proses pembelajaran, yang menyatakan sebagian besar peserta didik merasa senang dan antusias mengerjakan tugas proyek karena menambah wawasan dan pengetahuan mereka tentang prinsip dan praktik ekonomi Islam yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dan faktor penghambat keberhasilan model project based learning diantaranya penggunaan gadget untuk mengakses informasi dan penyelesaian proyek, meningkatnya kolaborasi antar kelompok, motivasi, dan kreativitas peserta didik, serta keterbatasan peralatan dan kurangnya komunikasi antar anggota kelompok. Kata kunci: model; pembelajaran; implementasi; kreatif; proyek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jul 2025 01:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40975

Actions (login required)

View Item View Item