STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SDN 4 BALEPANJANG WONOGIRI TAHUN AJARAN 2024/2025

FIARDIN, TAUFIQI ZIDDAN (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SDN 4 BALEPANJANG WONOGIRI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100006_fulldoc.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan akhlak siswa, khususnya dalam aspek sopan santun di SDN 4 Balepanjang Wonogiri Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru meliputi metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, diskusi, dan pemberian tugas. Pendekatan yang digunakan mencakup pendekatan individual, edukatif, pembiasaan, dan fungsional. Guru berperan sebagai teladan, pembimbing, dan motivator dalam membentuk akhlak mulia siswa. Meskipun strategi telah diterapkan secara optimal, masih terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu, pengaruh lingkungan luar, dan perbedaan karakteristik siswa. Kesimpulannya, strategi guru PAI memiliki kontribusi signifikan dalam menanamkan nilai-nilai sopan santun, yang menjadi bagian penting dari pembinaan akhlak siswa. Kata Kunci: Strategi guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlak siswa, Sopan santun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jul 2025 01:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40972

Actions (login required)

View Item View Item