ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (PGCV) DI PEGADAIAN UPC WINONG

AJI, HADI PRANOTO (2025) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (PGCV) DI PEGADAIAN UPC WINONG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31601900028_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900028_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Pegadaian UPC Winong dalam kaitannya dengan tingkat kepuasan pelanggan. Permasalahan yang diidentifikasi adalah belum optimalnya pelayanan yang ditunjukkan oleh adanya beberapa atribut layanan yang memiliki tingkat kepuasan di bawah rata-rata, sehingga mencerminkan adanya kesenjangan antara harapan pelanggan dan kinerja aktual. Dalam menjawab permasalahan tersebut, digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain in Customer Value (PGCV). Metode IPA digunakan untuk memetakan 27 atribut layanan berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja, guna mengidentifikasi atribut yang perlu menjadi prioritas perbaikan. Sedangkan metode PGCV digunakan untuk mengukur potensi peningkatan nilai pelanggan dari masing-masing atribut jika dilakukan perbaikan layanan. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden pelanggan aktif Pegadaian UPC Winong. Hasil analisis menunjukkan bahwa sejumlah atribut, seperti kemampuan petugas dalam menangani keluhan, kecepatan dan keramahan pelayanan, serta ketersediaan fasilitas pendukung, memiliki tingkat kesesuaian di bawah rata-rata (96,36%) dan tergolong dalam Kuadran I IPA, yang berarti harus menjadi prioritas utama dalam upaya perbaikan. Temuan dari metode PGCV juga menunjukkan bahwa atribut-atribut tersebut memiliki potensi peningkatan nilai yang tinggi terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini memberikan landasan strategis bagi Pegadaian UPC Winong dalam menyusun langkah-langkah peningkatan kualitas pelayanan secara efektif dan berkelanjutan. Kata kunci: IPA, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, PGCV, Pegadaian UPC Winong

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40893

Actions (login required)

View Item View Item