NURJANAH, SITI (2025) DESAIN DAN IMPLEMENTASI ALAT PERAGA KOPSINU DALAM PEMBELAJARAN MAKE A MATCH: DAMPAKNYA TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100037_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100037_fullpdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas alat peraga KOPSINU dalam model pembelajaran Make a Match terhadap peningkatan literasi numerasi siswa. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa Indonesia yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang interaktif dan minimnya penggunaan alat peraga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen posttest-only control group. Subjek penelitian terdiri atas 60 siswa kelas VII SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi numerasi yang mencakup aspek matematisasi, simbolisasi, penalaran, dan argumentasi. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rata-rata skor posttest yang lebih tinggi pada kelas eksperimen. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga KOPSINU secara signifikan berpengaruh dalam meningkatkan literasi numerasi siswa, karena dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan memotivasi siswa untuk aktif dalam memahami konsep matematika. Kata Kunci: Literasi Numerasi, Alat Peraga, Pembelajaran Make a Match
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |