ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI RASIO

KHOIRUNNISA’, NIDA’ (2025) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI RASIO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100034_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100034_fullpdf.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada pelajaran matematika di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun, kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah akibat penggunaan metode pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya inovasi dalam model pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan Artificial Intelligence untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi rasio. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Huda Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing dengan bantuan AI lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan yang tanpa menggunakan AI. Penggunaan AI dalam pembelajaran memberikan umpan balik interaktif, penyesuaian materi sesuai kebutuhan siswa, serta dukungan dalam proses berpikir kritis melalui analisis dan argumentasi yang logis. Berdasarkan hasil tersebut, model ini diharapkan untuk diterapkan sebagai alternatif pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Inquiry Terbimbing, Artificial Intelligence, ChatGPT, Rasio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40859

Actions (login required)

View Item View Item