HIDAYAH, INNA LAILI NUR (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF LUMIO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100029_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100029_fullpdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan menerapkan model PBI berbantuan media interaktif Lumio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBI berbantuan media interaktif Lumio terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran matematika materi kesebangunan di kelas VII MTs Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas VII MTs Negeri 2 Semarang yang berjumlah 36 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan 4 soal uraian materi kesebangunan, lembar observasi, angket respon siswa dan guru. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov, uji pencapaian rata-rata KKTP individu, uji ketuntasan klasikal, Paired Sample T-Test, dan uji N-Gain. Penerapan model PBI berbantuan media interaktif Lumio memperoleh rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Penerapan model ini juga mendapat respon positif dari siswa dan guru. Rata-rata persentase angket respon siswa terhadap penerapan model PBI berbantuan media interaktif Lumio memperoleh 81% dengan kategori sangat menarik dan rata-rata persentase angket respon guru memperoleh 75% dengan kategori menarik. Analisis dari perhitungan Paired Sample T-Test didapatkan sig. (2-tailed) hasil pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dengan kesimpulan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan demikian ada pengaruh penggunaan model PBI berbantuan media interaktif Lumio terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Perbedaan rata-rata pretest dan posttest adalah 25,08 meningkat sampai 85,47. Uji N-Gain yang digunakan untuk mengetahui keefektifan model PBI berbantuan media interaktif Lumio diperoleh nilai 0,8265 dengan persentase 82,65% yang artinya termasuk dalam kategori tinggi dan efektif. Model PBI berbantuan media interaktif Lumio dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Problem Based Instruction, Lumio, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |