ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

SAPUTRI, FAIZA OKTAFIANA DIKA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100027_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100027_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siwa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Kondisi ini menunjukkan perlunya penerapan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna, salah satunya adalah Pendekatan Matematika Realistik, untuk membantu siswa memahami konsep melalui pengalaman nyata dan pemecahan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi operasi hitung bentuk aljabar melalui pendekatan matematika realistik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui tes tertulis, observasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar yang ditinjau dari hasil tes tertulis dan wawancara siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang ditunjukkan dengan wawancara guru. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Bentuk Aljabar, Pendektan Matematika Realistik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40856

Actions (login required)

View Item View Item