ANGGRAINI, DORA (2025) ORGANISASI PRAKSEOLOGI SOAL KESEBANGUNAN PADA BUKU TEKS DALAM EMPAT PERIODE KURIKULUM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100025_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100025_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal yang berkaitan dengan materi kesebangunan dalam buku teks matematika SMP yang digunakan dalam empat kurikulum berbeda, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi, dan Kurikulum Merdeka. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan prakseologi organisasi dalam kerangka Teori Antropologis Didaktik (Anthropological Theory of the Didactic/ATD). Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi dokumen dengan fokus pada buku teks yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. Fokus utama penelitian ini terletak pada komponen praxis, yang mencakup klasifikasi jenis soal dan teknik penyelesaiannya. Hasil analisis mengidentifikasi sembilan jenis tugas (T1-T9) dan sembilan teknik penyelesaian (τ1 - τ9), dengan variasi yang signifikan antar kurikulum. Ditemukan adanya penurunan jumlah tugas yang cukup mencolok dalam buku teks Kurikulum Merdeka, yang menunjukkan adanya pergeseran fokus kurikulum. Temuan ini menunjukkan bahwa variasi dan pendekatan penyajian soal dalam buku teks sangat berkaitan erat dengan perubahan kurikulum. Mengingat bahwa buku teks mencerminkan isi kurikulum, penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan pedagogi matematika serta memberikan kontribusi penting bagi guru, penulis buku teks, dan pengambil kebijakan dalam merancang pembelajaran matematika yang lebih efektif. Kata Kunci: Organisasi Prakseologi, Kesebangunan, Buku Teks, Kurikulum, Teori Antropologi Didaktik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |