PENGEMBANGAN MODUL KESEBANGUNAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA MOTIF KAIN TROSO JEPARA UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI

NOVIYANTI, DINA (2025) PENGEMBANGAN MODUL KESEBANGUNAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA MOTIF KAIN TROSO JEPARA UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100024_fullpdf.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul kesebangunan berbasis etnomatematika motif kain Troso Jepara untuk memfasilitasi literasi numerasi yan memenuhi kriteria valid dan praktis. Tingkat kevalidan ditinjau oleh 2 ahli yaitu, ahli materi dan ahli media. Selanjutnya tingkat kepraktisan ditinjau oleh respon guru matematika dan respon siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kembang. Pengembangan tersebut juga dilakukan guna mengetahui penggunaan modul kesebangunan berbasis etnomatematika motif kain Troso Jepara untuk memfasilitasi literasi numerasi. Penelitian ini berbentuk pengembangan R&D (research & development) menggunakan metode 4-D (Four D) yang dibatasi menjadi 3-D yaitu define, design, development. Modul kesebangunan berbasis etnomatematika motif kain Troso Jepara dikembangkan melalui aplikasi Canva. Modul tersebut berisi materi kesebangunan yang telah terintegrasi dengan etnomatematika motif kain Troso Jepara. Setelah dihasilkan produk, maka akan dilakukan uji validasi dan uji kepraktisan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Pada penelitian ini, berdasarkan pengumpulan data dan informasi di lapangan modul kesebangunan berbasis etnomatematika motif kain Troso Jepara memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan, namun hal ini tidak terlepas dari saran para ahli untuk dilakukan revisi produk tersebut. Modul kesebangunan berbasis etnomatematika yang valid dan praktis dapat digunakan dalam pembelajaran sehingga dapat memfasilitasi literasi numerasi siswa pada materi kesebangunan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Kesebangunan, Etnomatematika, Kain Troso Jepara, Literasi Numerasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40854

Actions (login required)

View Item View Item