EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SD DALAM POKOK BAHASAN PELUANG

SAFINA, ADELIA PUTRI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SD DALAM POKOK BAHASAN PELUANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100018_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Literasi matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi matematika siswa dan rendahnya penggunaan model pembelajaran di sekolah sehingga diperlukan model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah pembelajaran kooperatif yang menekankan interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VI pada materi peluang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experiment yang dilakukan dengan design one grup pretest-posttest. Sampel yang digunakan berjumlah 21 siswa kelas VI SD Nyatnyono 02. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes literasi matematika dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, perbedaan rata-rata pretest-posttest, dan yang terakhir uji N-Gain. Uji normalitas berdistribusi normal dengan hasil Paired sample t-test didapatkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya < 0,05 maka H_0 ditolak. Uji N-Gain sebesar 0,8015 dengan presentase 80.14% sehingga tergolong tinggi dan efektif. Saran peneliti yaitu guru bisa menggunakan model pembelajaran STAD sebagai alternatif pembelajaran yang efektif bagi para siswa. Kata Kunci: STAD, Literasi Matematika, Model Pembelajaran, Peluang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40851

Actions (login required)

View Item View Item