PENGEMBANGAN MODUL BERDIFERENSIASI BERBASIS METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN

DAMAYANTI, OKTAVIA (2025) PENGEMBANGAN MODUL BERDIFERENSIASI BERBASIS METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100016_fullpdf.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis metode drill yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Permasalahan yang mendasari penelitian ini dikarenakan banyaknya siswa sekolah dasar baik kelas rendah maupun kelas tinggi yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal operasi hitung perkalian dan pembagian. Sering kali siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal tersebut. Tingkat kevalidan ditinjau dari ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, tingkat kepraktisan ditinjau dari respon guru dan siswa kelas III SD Negeri 1 Dukuh tahun pelajaran 2024/2025. Sedangkan tingkat keefektifan ditinjau berdasarkan ketuntasan KKM dan adanya pengaruh hasil belajar siswa. pengembangan tersebut juga dilakukan untuk mengetahui penggunaan modul berdiferensiasi berbasis metode drill dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada operasi hitung perkalian dan pembagian. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (research and development) dengan menggunakan metode ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Modul berdiferensiasi dikembangkan melalui aplikasi canva. Modul ini berisi mengenai cara operasi hitung perkalian dan pembagian. Setelah dihasilkan produk, dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Teknik pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, soal pretest, dan soal posttest. Pada penelitian pengembangan modul berdiferensiasi berbasis metode drill memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Hasil uji kevalidan dari ahli media memperoleh skor 90,67% dan ahli materi memperoleh skor 90%. Hasil uji kepraktisan angket respon guru memperoleh skor 95% dan angket respon siswa memperoleh skor 94,17%. Hasil uji keefektifan berdasarkan hasil one sample T test, paired sample T test dan uji N-Gain produk modul berdiferensiasi berbasis metode drill pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian memiliki efektivitas untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan kategori peningkatan sebesar 0,7117 untuk siswa kemampuan rendah dan 0,7260 untuk siswa kemampuan sedang. Sehingga kedua kategori siswa termasuk ke dalam peningkatan kategori “tinggi”. Kata Kunci : Modul Berdiferensiasi, Metode Drill, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40850

Actions (login required)

View Item View Item