ANGGREINI, CAHYANI AYU (2025) ELABORASI MEDIA PULL OUT PHOTO MATH BOX BERBANTUAN AUGMENTED REALITY DALAM MENDUKUNG LITERASI MATEMATIKA BAGI TUNAGRAHITA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100012_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202100012_fullpdf.pdf Download (16MB) |
Abstract
Literasi matematika memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam meningkatkan keterampilan logis, analitis, dan pemecahan masalah, namun siswa tunagrahita seringkali mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika. Untuk mengatasi tantangan tersebut, dibutuhkan media pembelajaran inovatif yang mampu menyajikan materi matematika secara lebih visual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pull Out Photo Math Box berbantuan Augmented Reality guna meningkatkan literasi matematika siswa tunagrahita yang memenuhi kriteria valid, yang dinilai dari hasil validasi ahli materi dan media; praktis, berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa; serta efektif, ditinjau dari hasil nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan paired t-test dan uji N-Gain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan adalah Pull Out Photo Math Box berbantuan teknologi Augmented Reality (AR) dengan menggunakan aplikasi Assemblr Edu. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas VI.1.C di SLB Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, serta soal pretest dan posttest. Media Pull Out Photo Math Box berbantuan Augmented Reality yang dikembangkan telah terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi matematika siswa tunagrahita. Validasi ahli media dan materi menunjukkan kategori "Sangat Valid" dengan hasil persentase 85,5% dan 84,6%. Kepraktisan media dinilai "Sangat Praktis" berdasarkan angket respon guru (89,0%) dan siswa (100%). Efektivitas media dibuktikan melalui analisis paired sample t-test dan uji N-Gain, di mana rata-rata nilai posttest siswa mengalami peningkatan signifikan dibandingkan pretest, dengan nilai N-Gain sebesar 0,7175 yang termasuk dalam kategori peningkatan tinggi. Kata Kunci: Augmented Reality, Literasi Matematika, Pull Out Photo Math Box, Tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |