EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GLIDE APPS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

AHMIDA, NUZILA YULI ALFI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GLIDE APPS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202100008_fullpdf.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan glide apps terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP N 1 Kedungtuban Blora pada materi penyajian data. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimen dan pendekatan one grup pretest-posttest design. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu kelas VII B yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar obesrvasi, dan angket respon siswa serta guru. Data dianalisis menggunakan uji ketuntasan individu. Uji ketuntasan klasikal, uji paired sample t-test, uji N-Gain. Hasil menujukkan keterlaksanaan sintaks PjBL sebesar 100% (kategori sangat baik) diperkuat dengan respon positif dari siswa dan guru. Uji ketuntasan individu menghasilkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,004 < 0,005, yang berarti rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melampaui KKTP (75). Uji ketuntasan klasikal menghasilkan Z_hitung= 0,6794 ≥ Z_tabel= 0,6736 artinya proporsi siswa yang sudah memenuhi KKTP lebih dari 75%. Uji paired sample t-test didapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Nilai rata-rata meningkat dari 38,08 menjadi 81,00. Uji N-gain diperoleh skor 0,7061 (kategori tinggi), sehingga model PjBL berbantuan glide apps dinyatakan cukup efektif. Sebagai tindak lanjut, model ini dapat diterapkan lebih luas dalam pembelajaran matematika. Disarankan bagi guru untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran berbasis proyek, dan bagi peneliti selanjutnya untuk menerapkan model ini pada materi atau jenjang berbeda. Kata kunci: Project Based Learning, Glide Apps, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40844

Actions (login required)

View Item View Item