MAQFIROH, TYAS QOIRIYAH (2025) ANALISIS LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP KOGNITIF SISWA DI SD ISLAM DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100095_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100095_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar terhadap perkembangan kognitif siswa di SD Islam Darul Huda. Lingkungan belajar memiliki peranan yang sangat mendukung perkembangan kognitif siswa, terutama pada tingkat sekolah dasar. Lingkungan kondusif tidak hanya meliputi aspek fisik seperti sarana dan prasarana sekolah, tetapi juga mencakup sosial dan psikologis, termasuk hubungan antar siswa, interaksi antara siswa dan guru, serta keterlibatan keluarga. Pentingnya kolaborasi antara guru, siswa, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Dengan demikian, prestasi dan perkembangan kognitif siswa dapat terdukung secara menyeluruh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian kualitatif menggunakan konteks sosial tertentu untuk menggambarkan realita secara akurat dengan bantuan teori studi kasus berdasarkan metode pengumpulan data dan analisis data terkait yang diperoleh dari keadaan dunia nyata. Metode pembelajaran yang diterapkan, seperti Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan konstruktivisme, merupakan salah satu strategi yang dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Islam Darul Huda telah berhasil menciptakan lingkungan belajar yang positif, baik dari segi fasilitas fisik seperti ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium, maupun dari interaksi sosial yang harmonis antara siswa dan guru. Lingkungan ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi, serta kemampuan berpikir kritis para siswa. Kata Kunci: lingkungan belajar, kognitif siswa, SD Islam Darul Huda, Problem Based Learning, konstruktivisme
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |