HALAMAN JUDUL PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

ULYA, MUHIMMATUL (2025) HALAMAN JUDUL PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100079_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100079_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV sekolah dasar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) menggunakan Quizizz. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah pretest dan posttest. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV SDN Grogol 1 yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes dan angket respons siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk melihat pengaruh model PBL menggunakan Quizizz dalam peningkatan literasi numerasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantu Quizizz dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai tes literasi numerasi dari 41,23 pada pretest menjadi 79,73 pada posttest. Selain itu, persentase ketuntasan isi pembelajaran meningkat dari 11,5% pada pretest menjadi 80,8% pada posttest. Hasil angket respons siswa terhadap pembelajaran dengan PBL berbantuan Quizizz juga menunjukkan hasil yang sangat positif. Mayoritas siswa menjawab “Sangat Setuju” memperoleh total mean likert sebesar 4,53, dengan skor rata-rata 88.17% yang termasuk pada kelompok kategori sangat tinggi. Temuan penelitian ini mendukung hipotesis yang menyatakan penggunaan model PBL berbantu Quizizz secara efektif dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SD. Guru disarankan untuk mengintegrasikan model PBL dan media pembelajaran digital seperti Quizizz ke dalam proses pengajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar Kata Kunci: Indikator, Literasi Numerasi, Problem Based Learning, Quizizz, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40832

Actions (login required)

View Item View Item