PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN PODCAST BERMUATAN EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENDENGARKAN DAN BERBICARA SISWA KELAS 6 SDN 1 TEMPURAN

UMAYA, RISTI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN PODCAST BERMUATAN EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENDENGARKAN DAN BERBICARA SISWA KELAS 6 SDN 1 TEMPURAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100115_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100115_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun, pembelajaran yang kurang inovatif masih menjadi tantangan dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam mengembangkan keterampilan berbahasa siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) berbantuan podcast bermuatan edukasi terhadap kemampuan mendengarkan dan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study Design. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas VI SDN 1 Tempuran. Pengumpulan data dilakukan melalui tes unjuk kerja (performance test) setelah siswa mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan model PjBL berbantuan podcast. Data dianalisis menggunakan uji One Sample t-Test dengan bantuan program SPSS 26 for Windows, dengan nilai standar yang ditetapkan oleh guru yaitu 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan mendengarkan siswa mencapai 91,15 dan kemampuan berbicara mencapai 92,42. Nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai t hitung > t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model PjBL berbantuan podcast terhadap kemampuan mendengarkan dan berbicara siswa. Temuan ini mendukung penggunaan podcast sebagai media inovatif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci: Project-Based Learning, podcast edukasi, kemampuan mendengarkan, kemampuan berbicara, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40826

Actions (login required)

View Item View Item