PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PANCALOKA BERBASIS BUDAYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV

SAFITRI, YULIA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PANCALOKA BERBASIS BUDAYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100098_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif berupa aplikasi PANCALOKA pada materi Pancasila di kelas IV SD N 01 Tambakrejo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari media pembelajaran ini. Adapun permasalahan yang ada yaitu banyak materi-materi dan muatan-muatan yang seharusnya belum diterima tetapi harus dimuat pada mata pelajaran kelas IV serta kurang inovatif dan variasi media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D atau Four-D, terdiri dari tahap define (Pendefinisian) yaitu menganalisis kebutuhan, tahap design (Perancangan) yaitu melakukan perancangan kerangka media, tahap develop (Pengembangan) yaitu mulai mengembangkan media yang telah dirancang dan dilakukan penilaian melalui angket validasi serta angket respon guru dan peserta didik., dan terakhir tahap disseminate (Penyebarluasan) dilakukan dengan penyebaran media pembelajaran interaktif PANCALOKA melalui link dan barcode yang telah disediakan. Dari tahap yang telah dilaksanakan, media pembelajaran interaktif PANCALOKA dinyatakan valid. Uji kelayakan dilakukan oleh 3 validator ahli dengan hasil presentase akhir sebesar 86,4%, sehingga masuk dalam kategori sangat layak. Uji kepraktisan yang dilakukan melalui angket respon guru dan peserta didik juga menunjukkan mencapai presentase akhir sebesar 100% untuk angket respon guru dan 88,4% untuk angket respon peserta didik sehingga masuk dalam kategori sangat layak. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu guru harus lebih memanfaatkan media pembelajaran yang telah disediakan dan meningkatkan pengetahuan peserta didik melalui media pembelajaran interaktif PANCALOKA. Kata Kunci : Media pembelajaran, PANCALOKA, Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40823

Actions (login required)

View Item View Item