LATHIFAH, WAHYU TSANIA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV B SDN GENUKSARI 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100097_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100097_fullpdf.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV B SDN Genuksari 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV B SDN Genuksari 02 sebanyak 28 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling atau sampling jenuh sehingga sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV B SDN Genuksari 02. Instrumen yang digunakan yaitu tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Soal pretest ini diberikan sebelum adanya perlakuan dan soal posttest diberikan setelah siswa dikenakan perlakuan khusus tersebut. Hasil analisis data menunjukkan pengaruh signifikan dari adanya perlakuan dalam penelitian ini. Hasil uji prasyarat atau uji normalitas yang didapatkan pada data awal atau pretest diperoleh nilai sig. sebesar 0,445 dan pada data akhir atau posttest diperoleh nilai sig. sebesar 0,295. Dimana perolehan nilai sig. pada kegiatan pretest posttest menujukkan bahwa sig. > 0,05 yang artinya kedua data tersebut berdistribusi normal. Setelah dilakukan uji prasyarat, selanjutnya dilakukan uji syarat yakni uji paired sample t-test melalui program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa sebesar 33,46 mengalami peningkatan saat posttest menjadi 70,38. Perolehan nilai sig. uji paired sample t-test yang didapatkan sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV B SDN Genuksari 02. Kata Kunci: Problem Based Learning, Video Animasi, Pemahaman Konsep, Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |