ANGGRAENI, PUTRI YULI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI MEMBACA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI GENUKSARI 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100087_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100087_fullpdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dan literasi membaca siswa kelas II SD. Latar belakang masalah terletak pada rendahnya pemahaman konsep matematika dn keterampilan membaca siswa kels rendah yang berdampak pada literasi numeransi. Metode penelitian menggunakan desain True Experimental Design yang melibatkan 55 siswa di SD Negeri Genuksari 01 semarang. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan angket literasi membaca siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 2A sebagai kelas eksperimen dan kelas 2B kelas Kontrol, hasil penelitian menunjukkan dengan uji one sample t-tes diperoleh t hitung > -t tabel (3.047 > -1.006) maka Ho diterima. Pada taraf signifikansi 5% temuan ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa telah memenuhi KKM. Oleh karena itu model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kartu angka terbukti efektif dalam mendukung hasil belajar pada aspek pemahaman konsep dan literasi membaca di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning, Media Kartu Angka, Pemahaman Konsep, Literasi Membaca
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:04 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |