WAFA, NUYULUL (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBANTUAN MEDIA DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI GROGOL 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100085_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100085_fullpdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran kolaboratif merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada interaksi dan kerja sama antar siswa dalam sebuah kelompok guna mencapai tujuan pembelajaran secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbantuan media digital terhadap kemampuan berpikir kritis pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sebagai alat dalam pengambilan data. Populasi dalam penelitian terdiri dari semua siswa kelas IV yang berjumlah 23. Berdasarkan hasil penelitian, yang dilihat dari hasil uji paired sample t-test didapatkan hasil bahwa nilai Lower dan Upper masing-masing bernilai negative yaitu nilai Lower sebanyak -24.98321 dan nilai Upper sebanyak -16.58201 dengan nilai sig. (2-tailed): 0,000. Dimana 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kolaboratif berbantuan media digital terhadap kemampuan berpikir kritis pelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Berpikir Kritis, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:07 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |